pengertian tentang commersial software, freeware, Shaware, Fremware, Free software, Open source software, dan Malware

Assalamualaikum wr.wb
Hallo teman teman sesama penguna sosial media hari ini saya akan mempostingkan tentang jenis jenis software mungkin sebagian kalian belum mengetahuinya apaitu software ia mari kita langsung mulai saja dengan pengertian software tapi ingat teman teman dalam membaca kita itu harus memahami apa yang kita baca......



Pengertian Softwaer
Software atau perangkat lunak komputer merupakan istilah khusus untuk data yang di format serta di simpan dalam bentuk secara digital, termasuk didalamnya program-program komputer, Dokumentasi, dan berbagai informasi yang dapat diaca serta ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, software atau perangkat lunak komputer merupakan salah satu bagian sistem komputer, namun software tidak berwujud berbeda dengan perangkatat keras atau Haredware.
                                                        
Pengertian software adalah sekumpulan data-data elektronik yang di simpan serta diatur oleh komputer. Data-data elektronik yang di simpan tersebut dapat berupa program ataupun instruksi yang akan Menjalankan berbagai macam perintah. Dengan melalui software inilah suatu komputer mampu untuk dapat menjalankan suatu perintah atau berbagai macam perintah yang dapat di jalankan.

Jenis jenis Software
Menurut jenisnya ,software dapat dibagi menjadi beberapa bagian, bagian-bagian itu sebagai berikut.

1. Commersial software (software berbayar)



Commersial software atau software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan dan kebutuhan komersil. Bagi setiap pengguna yang ingin menggunalan software tersebut, ia harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya. Bisa langsung kepada pengembang software yang mebuatnya. Penguna yang menggunakan software berbayar tersebut, biasanya tidak diilegalkan atau tidak diperbolehkan menyebarluaskan ulang software tersebut.
Contoh software berbayar seperti debagai berikut, Adobe photoshop, Corel draw, dan lain sebagainya. Software berbayar ini dilindingi oleh undang-undang hak cipta, serta untuk mendapatkannya kita harus membeli software.

2. Freeware



Freware  atau software geratis merupakan software yang memiliki hak cipta, namun Bagi pengguna yang ingin menggunaka sofware tersebut, dapat diunduh secara geratis dan tanpa batas waktu. Freeware berbeda dengan sheware, sheware mewajibkan bagi para pengguna untuk membayar dalam jangka waktu percobaan atau untuk. Memperoleh fungsi tambahan dari software tersebut. para pengembang perangkat tersebut biasanya membuat perangkat geratis freeware "untuk disumbangkan kepada suatu komunitas" namun developer aplikasi tersebut tatap ingin mempertahankan hak dan memiliki kontrol luas terhadap pengembangan selanjutnya.

Freeware juga dapat didefinisikan sebagai suatu program apapun yang didistribusikan secara geratis dan tanpa biaya tambahan. Contoh aplikasi freeware adalah Mozilla firefox dan sebagainya.

3. Shaware



Shaware merupakan perangkat lunak yang di sediakan bagi para pengguna tanpa membayar namun dibatasi oleh waktu jika waktu masa ujicobanya abis kalau anda para pengguna ingin memperpanjangnya atau anda ingin mendapatkan fitur tambahan tertentu harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikanya agar dapat mengunakan software.

Alasan dibalik program shaware adalah dengan memberikan pembeli kesempatan terlebih dahulu untuk mencoba program aplikasi tersebut SEBELUM Sipembeli itu MEMBELI Lisensi untuk versi yang lebih lengkap. Ini juga dipakai sebagai salah satu strategi pemasaranatau marketing dari developeraplikasi shareware.

4. Firmware



Firmware merupakan sftware yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan dalam memory read only atau memory yang hanya di baca. Seperti jenis memori akses acak, firmware tidak akan berubah meski tidak di aliri arus listrik. Dari mulai komputer STARTUP sampai proses instruksi. Modivvikasi memang masi dapat dilakukan, namun hal tersebut tergantung dari jenis ROM (Read Only Memory) yang digunakan. Firmware yang telah di simpandalam ROM tidak dapat diubah, namun firmware y,g disimpan dalam ROM yang dapat di ubah seperti EEPROM atau Flash ROM, masi dapat di ubah sesuai kebutuhan.

5. Free software
Free software atau perangkat lunak bebas merupakan istilah yang diciptakan yang mengacu kepada perangkat lunak bebas untuk digunakan, dipelajari, serta diubah dan dapat disalain dengan ataupun tanpa modifikasi. Bebas disini juga dalam mengunakan, mengubah, mempelajari ataupun mejual sebuah perangkat lunak dan dan seseorang tidak perlu untuk meminta izin siapapun. Dengan katalain anda dapat mengutak atik software ini sesuka hati. Perangkat lunak trsebut biasanya memiliki sebuah lisensi dan menyediakan akses ke kode sembernya bagi para penggunanya. Perlu dikiketahui bahwa perangkat lunak bebas atau free software JANGAN SALAH ARTIKAN dengan perangkat lunak geratis (Freeware). Freeware dapat berupa free software yang berarti perangkat lunak bebas ataupun freeware dapt berupa preangkat lunak tidak bebas. Pada umumnya perangkat lunak bebas tersedia secara geratis bagi para penggunanya dan dibangun oleh komunitas terbuka. Para anggota komunitas yang tergabung tersebut biasanya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan dari suatu perusahaan yang memang telah di bayar untuk mengembangkan perangkat lunak tersebut.

6. Open Source Software



Open Source software atau dapat disebut juga perangkat lunak sumber terbuka merupakan jenis perangkat lunak yang kode sumbernya bersifat terbuka dan dapat untuk di pelajari, diubah, dikrmbangkan, ditingkatkan, serta dapat juga di sebarluaskan. Karena adanya sifat tersebut, pada umumnya pengembangannya atau developer diakukan oleh satu komunitas terbuka yang memiliki tujuan untuk mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Open Source Software yang dihasilkan biasanya bersifat bebasdengan tetap mwnganut sebuah kaidah san etika tertentu.

Semua perangkat luna k bebas merupakan perangkat lunak sumber terbuka, tetapi sebalikinya perangkat lunak sumberterbuka belumtentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yang sedang di pekai aplikasi tersebut.

7. Malware



Malware atau perangkat lunak perusak merupakan perangkat lunak yang di ciptakan oleh penciptanya untuk merusak sistem komputer. Perangkat perusak terdiri dari virus komputer, trojan horse, rootkit, cacing komputer, spyware, adware, crimeware, dan perangkat perangkat lainnya yang bernilai jahat.


Demikianlah penjelasan atau keterangan tentang pengertian Commersial, Freware, shareware, firmware, free software, Open Source Software, dan Malware...... Semoga sekilas penjelasan yang saya berikan bermanfaat bagi kalian semua Amin.....

dan jangan lupa komentar tentang blog saya apakah artikel diatas ada yang sala kesalahan bagi manusia  itu wajar karena setiap manusia yang diciptakan itu tidak ada yang sempurna ..... Oke ......

terimakasih 
wasalam......


Comments

  1. mantap, kunjungi Broindo Blog seputar Tips android dan Teknologi di https://broindo.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian dan Fungsi Access Point, Multi-SSID, Repeater, dan Bridge dalam jaringan

penjelasan dan contoh aplikasi bersifat komersial