Cara menghindari diri dari narkoba

BAUAT GERAKAN ANTI NARKOBA



Peran orang tuaitupenting
       Sobat, kita sebagai generasi muda dan komunikasi masyarakat Indonesia harus cerdas dan tanggap dalam mengatasi bahaya dalam penyalahgunaan narkoba. Langkah awal yang bisa kita lakukan diantaranya dengan memperbanyak mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba, beritaberita di media cetakmaupun media elekteronik bahkan lewat pameran-pameran yang sering dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN)
Berikut ini beberapa tips bagi generasi muda serta massyarakat pada umumnya agar terbebas dari narkoba dan dalam rangka mendikung program nasional untuk menciptakan “Indonesia bebas narkoba”
Tips menghindari diri dari narkoba
1.       Tingkatkan iman dan takwa, semua agama mengajarkan tentang kebaikan. Salah satu dan di taranya adalah dengan menjauhkan diri dengan barang haram yaitu narkoba, obat obatan terlarang, dan minuman keras. Dengan keimaan dan ketakwaan yang bersimber dari diri peribadi, kita akan mampu menghin dari diri dari penyalahgunaan dan peredaran ngelap NARKOBA.
2.       Siapkandiri dan mental untuk menolak apabila ditawari narkoba. Kemampuan diri dan mental dalam menghindari penyalahgunaan narkoba sejak dini mulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dari lingkungan yang baik akan timbul peribadi yang baik pula pada setiap indipidunya.
3.       Hati hati dalam memilih teman bergaul. Dalam pergaulan kita juga harus selektif dalam memilih teman. kita pilih teman yang dapat meningkatkan pengetahuan kita dan yang menambah nilai pesitif bagi diri kita. apalagi saat ini, pergaulan sudah sangat “bebas“ dalam arti tanpa ada batas batasannya. Padahal, pergaulan itu ada tata caranya. Pergaulan yang baik akan membentuk kita menjadi peribadi yang baik dan mempu menangkan penyalahgunaan narkoba.
4.       Balajar berkata“Tida“ apabila ditawari dengan alasan yang tepat, kalau tida mampu segera tinggalkan tempat itu. Apabila ada seseorang yang berusaha menawari kita barang haram (narkoba) dalam bentuk apapun kita harus mengatakan“Tidak“ dengan alasan yang tepat. Jangan sampai menyinggung perasaan. Orang yang memakai narkoba biasanya akan berperangai beringas.kalau tida mampu segera tinggalkan saja tempat itu. Dan jangan sekali kali bertemu orang tersebut, lebih baik menghindar.
5.       Meningkatkan perestasi untuk mengejr cita cita dan keinginan yang lebih mulia. seagai generasi muda, lebih baik meningkatkan perestasi untuk mengejar cita-cita dan keinginan mula dari pada menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia. Narkoba membuat hidup kita menadi sia-sia, narkona memebuat kita menyesal di kemudian hari yang akan kita dapat. Menghindari diri dari penalah gunaan narkoba itu yang lebih utama.
6.       Untuk mengisi waktu luang lakukan lah hal yang positif. Bnyak dari kita yang kebingungan dalam mengisi wakti luang terkadang kita berakhir pada pilihan yang salahyaitu pergailan bebas. Padahal banyak kegiatan positifyang dapat kita lakukan. Misalnya dengan mengikuti kursus kursus keterampilan ataupun dengan kegiatan berkebun.

Cara mengaakan“tidak“ pada narkoba :
Apabila ada orang yang berusaha untuk menawari, memberi kita secara cumc-Cuma barang haram narkoba kita harus mampu menolakny. Katakan : “Tidak“,“ma’af saya tidak tertarik“,“Untuk satu ini ma’af deh....aku tidak bisa“.
a.       Apabila orng tersebut terlihat beringas dan sekuat tenaga memaksa,tetapi tatapan orang yang menawarkan narkoba tersebut, bersikap tanang dan cepat berlalu kalau ia masi menawarkan  katakan :“aku ada urusan lain“,atau“ma’af aku harus pergi“,atau“saya ada ujian besok dan saya harus belajar di rumah“,atau“saya dalam perawatan dokter dan saya tidak boleh menggunaan obat lain tanpa seijin dokte“.
b.      Ganti topik pembicaraan misalnya masalah olahraga, film, kesenian, dan lain lain. Dengan beralih pembicaraan diharapkan orang tersebut akan merasa agar kita tidak tertarikdengan apa yang dia tawarkan.
c.       Kalau tetap memeksa tinggalkan mereka. Langkah yang paling jitu adalah meninggalkan tempat mereka dan tidak sekali kali mencoba narkoba.



Ingat teman teman kalau masa depan kita itu ditentukan OLEH KITA SENDIRI bukan orang lain, kalau teman teman sekalian ingin sukses di masa yang akan datang atau masa depan jauhilah barang haram yaitu narkoba. Oke

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Fungsi Access Point, Multi-SSID, Repeater, dan Bridge dalam jaringan

penjelasan dan contoh aplikasi bersifat komersial

pengertian tentang commersial software, freeware, Shaware, Fremware, Free software, Open source software, dan Malware